Friday, October 19, 2012

Apa itu Penyembahan?



Salah satu arti kata “Penyembahan” adalah tanggapan manusia dengan semua keberadaannya kepada Allah atas semua keberadaan-Nya. Manusia adalah mahluk penyembah. Dalam ketidaktahuannya, sampai-sampai berhala yang dibuatnya sendiri dari batu, kayu, dll,  juga disembah. Sepintas kita katakan saya tidak demikian.  Tapi pikirkan sebentar. Sesungguhnya berhala yang disembah itu adalah hasil karya manusia. Artinya, semua hasil ciptaan manusia bisa diberhalakan, bisa disembah. Itu berarti : kekayaan materi, kedudukan atau jabatan, kepandaian dan prestasi lainnya, kemashyuran dan keterkenalan lainnya, tradisi dan budaya, jika dinomorsatukan, jika dianggap hasil dari diri sendiri, berarti diberhalakan.

Dalam pengertian yang luas seperti itu, jangan-jangan ada anak-anak Tuhan yang mempunyai berhala dalam hidupnya. Mereka menomorsatukan Tuhan DAN berhala-berhala itu. Sikap hati seperti ini, tentu tidak diperkenankan Tuhan. Dia tidak mau disandingkan dengan berhala-berhala lain. Hukum Taurat ke satu (Kel 20:3-5) menegaskan hal ini.

Kel 20:3-5
Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku

Jadi, merenungkan arti kata Penyembahan di atas, maka kita menyembah Tuhan bukan hanya dengan menyanyi dan berdoa, tetapi dengan semua aktivitas kehidupan kita. Sikap hati orang yang menyembah Tuhan mengatakan: “Semua yang ada padaku berasal dari Tuhan dan akan kupergunakan untuk kemuliaan-Nya.”


SHARED BY
LOG

No comments:

Post a Comment